Sosialisasi Dana Desa ( Skala Prioritas Desa, Melalui 4 Program Prioritas Kemendesa )

Aula Desa Semplak

Dari transaparansi menuju partisipasi,  dan untuk menjawab sebuah keraguan dan kurangnya informasi masyarakat akan jumlah dana desa yang diterima desa semplak maka kami menginformasikan sedetail mungkin betner APBDes yang bertujuan agar masyarakat bisa tahu dan mengetahui.

Sebagai mana dalam kegiatan sosialisasi dana desa yang kami lakukan bertempat di aula desa semplak pada selasa (20-06-2017) yang dihadiri oleh seluruh elemen masyarakat dan muspika kecamatan Sukalarang dan beberapa tamu undangan dan juga tokoh agama serta steak Holder desa semplak. Bahwasanya sosialisasi dana desa harus menjadi suatu dorongan kepada masyarakat untuk bersikap kritis dan saling mengontrol satu sama lain akan pembangunan baik yang sedang dilaksanakan maupun yang akan dilaksanakan oleh desa semplak.

Sebagaimana disampaikan dalam kegiatan sosialisasi dana desa ini oleh Camat Sukalarang Amir hamzah, yang memaparkan bahwasanya kegiatan sosialisasi dana desa harus menjadi suatu motivasi bagi warga untuk meningkatkan partisipasi dan ikut terlibat langsung dalam pelaksanaan pembangunan desa, dan menumbuhkan kembali  swadaya gotong royong. Selain itu dana desa merupakan salah satu kesempatan bagi desa untuk dimampaatkan sebaik mungkin sesuai dengan kebutuhan dan usulan dari masyarakat desa, terakhir bahwasanya sumber dana desa yang di gelontorkan pemerintah ke desa-desa merupakan subsidi silang yang mana harus berbanding lurus pula dengan tingkat kesadaran warga untuk membayar pajak tepat pada waktunya, karna tuturnya dana yang digelontorkan oleh pemerintah kalau dibandingkan jauh lebih besar ketimbang pembayaran poko wajib pajak dari masyarakat sempalak itu sendiri.

Selanjutnya di sampaikan oleh kapolsek kecamatan Sukalarang Bangbang K, yang dalam ringkasan pemaparannya bahwasanya dengan sosilisasi dana desa ini harus menjadi suatu pendorong bagi warga untuk senatiasa mengawasi dan mengontrol pembangunan baik yang sedang dilaksanakan ataupun pembangunan yang akan dilaksanakan. Artinya, bagaimana kami sebagai penegak hukum dan warga untuk senantiasa berjalan bersama dan ikut serta mengawal dan mengawasi pembangunan desa baik dari anggran yang bersumber dari dana desa atau pun dari alokasi dana desa.

Selain itu, disampaikan pula oleh Danramil Sukaraja Akhmad Samas, yang memaparkan betapa perlunya penguatan kembali rasa Nasionalisme dilingkungan warga masyarakat desa semplak, menjaga keutuhan NKRI jangan sampai terjadi didesa semplak ada negara dalam negara.

Selain itu, Ateng Mulyadi (Pendamping Desa) kecamatan sukalarang, bahwasanya  yang melatarbelakangi penting nya transparansi dana desa selain peraturan mentri keuangan yang mendorong transaparansi keuangan,  tidak kalah penting dan sangat harus di perhatikan desa-desa adalah bagaimana desa hari ini mampu menjawab sebuah keraguan masyarakat akan realisasi pembangunan di desa, selain itu pungkasnya juga bahwa dinamika desa secara nasional merujuk hasil penelitian yang dilakukan ICW bahwasanya desa menempati peringkat ketiga institusi terkorup seindonesia dalam segi jumlah banyaknya kasus desa yang menyelewengkan dana desa di indonesia.  Hal di atas lah yang menjadi sebuah keharusan bagi desa mengapa sosialisasi dana desa merupakan sesuatu harus bahkan menjadi sesuatu yang wajib. Selain itu wacana yang berkembang bahwasanya sosialisasi dana desa menjadi salah satu pra-syarat pencairan dana desa 2018.

Kedua, perlu nya sosialisasi dana desa ini untuk mengetahui sejauh mana pengawalan desa akan 4 program prioritas pembangunan yang sedang di galakan dan digelorakan oleh kementerian desa dimana 4 program prioritas pertama, Holding BUMDesa, Embung Desa, Satu Desa Satu Produk, dan Satu Desa Satu Sarana Olah Raga.

Poin terakhir yang di ungkapakan pendamping desa adalah, selain dari membangun sebuah keterbukaan pembangunan di satu sisi, sosilisasi dana desa pun sebagai suatu pendidikan pembangunan keterbukaan bagi aparatur pemerintahan desa dalam sisi yang lain. Jadi ringkasnya keterbukaan pembangunan akan terwujud dan akan berbanding lurus dengan pembangunan keterbukaan yang dilakukan oleh aparatur pemerintahan desa yang bersangkutan.

Semplak, 22 Juni 2017

Handi ( Sekretaris Desa Semplak)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan